Sabtu, 26 Desember 2009

Bisnis Anak Muda Yang Kreatif


Anak Muda muda sekarang jangan disepelekan karena salah satu dari pemikiran mereka bisa lahir inovasi baru yang dapat membawa perubahan. Seperti yang kita lihat misalnya banyak anak-anak muda yang membuka distribution outlet (distro) yang mulai marak didirikan sejak tahun ‘90an. Lihat saja sekarang di Kota-Kota besar di Indonesia terdapat sejumlah distro yang dimiliki oleh anak-anak muda, entah itu mereka join dengan temannya atau orang lain termasuk dimodali oleh orang tua mereka. Jumlahnya semakin hari semakin banyak. Ada yang berjualan aksesoris music, pakaian gaul, termasuk pernak-pernik yang lagi ngetrend sesuai zamannya.

Anak-anak muda biasanya kreatif dalama berbisnis. Trend bisnis yang kreatif ini diprediksi akan tetap hidup dan tambah berkembang dan semarak pada beberapa tahun-tahun mendatang. Dalam versi pemerintah, bisnis kreatif sendiri adalah bentuk usaha bisnis yang mencakup 14 kategori (sektor ekonomi). Diantaranya, periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, desain fesyen, video, film dan fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio serta riset dan pengembangan.

Bagi anak-anak muda yang lain perlu melirik bisnis ini. Kita tahu, saat ini kesempatan mendapatkan pekerjaan begitu sulit. Lihat saja, banyak sarjana atau lulusan perguruan tinggi yang menganggur. Mendaftar pegawai dari kantor ke kantor tapi banyak yang ditolak. Mereka begitu kesulitan mendapatkan pekerjaan. Nah, satu pertanyaan yang muncul, mengapa kita tidak berpikir out of the box alias berpikir keluar dari kotak wawasan pikir kita. Jika banyak orang berbondong-bondong mencari pekerjaan, sudah saatnya anak-anak muda merubah pola pikir yaitu berusaha bekerja mandiri, mencoba menjadi entrepreneur (wirausaha). Nah, bisnis kreatif adalah jawabnya.

Belajar berbisnis memang penting, apalagi jika dimulai dari usia muda. Kita bisa belajar untuk lebih menghargai uang, mengelola uang dengan baik, dan mengerti arti dari perjuangan mencari uang. Geliat bisnis di kalangan anak muda ini dinilai baik oleh masyarakat, namun bukan berarti tidak ada halangan saat bisnis ini dirintis ataupun saat berjalan. Jadi, jika Anda adalah seorang anak muda yang sedang merintis usaha, jangan gampang menyerah, siapa tahu keberhasilan sudah menanti di ujung jalan.

2 komentar:

motivasi sukses mengatakan...

saatnya anak muda berkreasi..!!

Penyo mengatakan...

Selamat Tahun Baru 2010 Sob..
Mudah-Mudahan di tahun ini semakin banyak harapan dan impian baru,
dan tentunya semakin sukses dibandingkan tahun 2009 kemarin..

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Add to Google Reader or Homepage


Produk SMART Telecom

Masukkan Code ini K1-38EY2Y-4
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
 

Belajar Bisnis | Copyright 2009 Tüm Hakları Saklıdır | Blogger Template by GoogleBoy ve anakafa | Sponsored by Noow!