Kamis, 10 Desember 2009

4 Cara Belajar Bisnis


Seperti kita ketahui, ada banyak cara untuk belajar bisnis. Tahap-tahapan tersebut sangat penting diketahui yang akan menjadi petunjuk dan jalan yang mengarahkan kita utuk memulai bisnis. Agar jangan sampai bisnis yang kita rintis tersebut tidak ada konsep yang matang dan sekedar asal-asalan. Dari sekian banyak cara tersebut, saya coba merangkum beberapa bagian penting saja.
  1. Pengalaman. Tentu hal ini akan sangat berkesan karena sudah pernah dialami. Seperti kita ingin membuka usaha Salon kecantikan. Mungkin pengalaman bekerja selama beberapa tahun di Salon yang sudah bonafit dan terkenal tentu akan memudahkan kita bagaimana sebenarnya proses kerja dan manajeman suatu Salon tersebut. Disamping itu apabila sudah pernah terjadi suatu permasalahan tentu solusinya sudah pernah ditempuh. Kita tinggal memodifikasi dengan trik dan strategi yang lebih jitu sesuai kebutuhan pasar sekarang dan selera konsumen. Termasuk juga pengalaman orang lain, bisa dijadikan acuan sepanjang sesuai dengan bidang apa yang kita geluti.
  2. Merenung. Cara ini memang lain daripada yang lain. Namun jangan disalah artikan. Merenung disini adalah merenung tentang apa yang telah kita perbuat, mendalami secara pelan-pelan. Namun jangan terlalu lama, ini juga menjadi tidak bagus terhadap efek perkembangan bisnis kita kedepan. Merenung, kemudian mendapat ilham dan inspirasi kemudian action.
  3. Secara Langsung Dari Mentor. Hal ini juga sangat penting. Bayangkan kita memulai bisnis online, masak berguru pada pengusaha bengkel? Salah satunya adalah ahli dibidangnya, seperti ikut forum komunitas tertentu. Kalo ada uang lebih dapat kursus atau mencari bimbingan dari praktisinya yang akan mengajarkan kita dan mengarahkan kita kedalam bisnis online yang tepat dan terkendali. Mentor tentunya akan menjadi motivator dan pengarah agar kita selalu berupaya menjadi yang terbaik.
  4. Tidak Langsung. Dimaksudkan seperti mengubah kebiasaan kita yang tadinya hanya membaca majalah selebritis, koran politik, komik, secara perlahan-lahan mencoba membaca buku-buku bisnis, majalah, artikel, yang kesemuanya berbau bisnis yang sedang digeluti. Kalo zaman sekarang yang sudah maju dapat dengan menjelajah di internet mengenai artikel-artikel bisnis ataupun mencari video, CD, DVD bisnis yang mengarahkan kita tentang bisnis secara terperinci dan benar.

1 komentar:

motivasi sukses mengatakan...

mantaaap..
mari action.!!!

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Add to Google Reader or Homepage


Produk SMART Telecom

Masukkan Code ini K1-38EY2Y-4
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
 

Belajar Bisnis | Copyright 2009 Tüm Hakları Saklıdır | Blogger Template by GoogleBoy ve anakafa | Sponsored by Noow!